Masalah sampah, terutama sampah plastik, sudah semakin parah. Kondisi ini diperparah lagi dengan adanya sikap sebagian masyarakat yang masih tidak peduli dengan masalah ini, seperti tidak membuang sampah pada tempatnya dan tidak melakukan daur ulang. Masalah sampah plastik tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Tetapi, terjadi juga di berbagai belahan dunia lainnya karena penggunaan plastik hampir mengambil alih semua kebutuhan kita didunia ini. Karena ini, STBA JIA, melalui HMIJ, mengadakan sebuah talk show yang berjudul “Transforming trash to commodities for a sustainable future” atau “Mengubah sampah menjadi komoditas untuk masa depan yang berkelanjutan”. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 1 April 2019. Dalam acara ini, kita mengundang dua narasumber yaitu Alex dan Zoë yang berasal dari Universitas Leibniz, Jerman.

 

Mereka merupakan mahasiswa yang bergabung dengan sebuah komunitas besar bernama Enactus. Dalam komunitas tersebut, mereka mempunyai salah satu proyek yang bernama Plastained. Plastained merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk mendaur ulang sampah plastik agar menjadi bermakna. Acara dimulai pukul 1 siang yang diawali dengan sambutan – sambutan dari ketua panitia acara, ketua HMIJ, dan juga sambutan dari Mr. Imron Hadi, S.S, M.Hum. sebagai Kaprodi Inggris dengan Bahasa Jerman.

 

Kemudian acara inti di mulai. Dalam kesempatan ini mereka menjelaskan mengapa memilih Indonesia sebagai sumber proyek mereka? Karena di Indonesia, terutama ibu kota Jakarta, menghasilkan banyak sekali sampah yang selanjutnya sampah ini di buang ke TPA Bantar Gebang dan mayoritas sampah yang dibuang disana adalah sampah plastik. Mereka berharap dengan kedatangan mereka ini, bisa memberikan solusi bagaimana mengolah sampah plastik tersebut dan juga bisa berbagi informasi tentang bagaimana pengolahan sampah di Jerman yang nantinya bisa dicontoh Indonesia untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Setelah itu acara di lanjutkan dengan sesi tanya – jawab oleh para peserta talk show. Acara berlangsung cukup baik dan bisa diterima oleh para mahasiwa yang mengikuti talk show tersebut. Selanjutnya acara ditutup pukul 3 sore dengan sesi foto bersama dan pemberian cinderamata oleh panitia.

 

JIA Language Center

Sistem pendidikan yang digunakan STBA JIA merupakan perpaduan antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum yang berbasis Kompetensi untuk memenuhi kebutuhan keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan pasar Global.

Go to top