Saat ini Jepang menjadi salah satu tempat tujuan orang Indonesia untuk melakukan wisata, melanjutkan pendidikan maupun untuk bekerja. Dilansir Immigration Sevice Agency bahwa jumlah warga Indonesia (WNI) yang berdomisili di Jepang per Juni 2023 adalah sebanyak 122.028 orang.  Dari jumlah tersebut terdapat 58.478 orang yang sedang mengikuti program ginou jisshu , 25.337 orang yang sedang mengikuti program tokutei ginou dan 7.099 orang yang sedang kuliah di Jepang. Kemudian berdasarkan data dari Japan National Tourism Organization atau organisasi pariwisata nasional Jepang diketahui bahwa jumlah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Jepang selama tahun 2023 ( Januari-Desember 2023) adalah sebanyak 429.400 orang. Menurut kami jumlah ini akan terus meningkat seiring makin erat dan hangatnya hubungan Indonesia dan Jepang yang telah terbina selama ini.

Melihat tingginya antusias masyarakat Indonesia untuk ke Jepang, kami tim PKM dari prodi Sastra Jepang dan prodi Bahasa Jepang tertarik untuk mengenalkan Jepang kepada masyarakat sekitar kabupaten Bekasi. Untuk itu kami melakukan PKM dengan tema pengenalan geografis dan musim di Jepang kepada siswa siswi SMK Budi Perkasa Tambun pada hari kamis, 1 Februari 2024 pukul 09:30 sampai pukul 12:00. Tim PKM ini terdiri tiga orang dosen, yaitu Aam Hamidah, M.pd., Onin Najmudin, M.Hum, dan Ani Sunarni S.S., M.Pd 1 native speaker, Mr. Shiro Masugata dan 2 orang mahasiswa, Aurel Putri Desweka dan Muhammad Ananda Rizky.

Kegiatan PKM diawali  ramah tamah dengan  kepala sekolah SMK Budi Perkasa, bapak Drs. Muhammad. Selanjutnya kami dipandu untuk melakukan tour sekolah untuk melihat fasilitas dan kegiatan KBM di sekolah ini. SMK Budi Perkasa memiliki kerjasama dengan PT Daihatsu,  Bank BCA dan Axioo. Sekolah ini mempunyai ruangan praktik kerja yang diperlukan oleh siswa siswinya. Fasilitas sekolah sangat bagus dan sangat menunjang kegiatan vokasi di sekolah ini.

 

Ramah Tamah dengan Kepala Sekolah SMK Budi Perkasa

 

Teaching Factory PT. Daihatsu di SMK Budi Perkasa

Setelah tour sekolah kami melakukan sosialisasi kegiatan  pengenalan Jepang kepada siswa siswi SMK Budi Perkasa. Acara PKM dipandu oleh Aurel Putri Desweka, mahasiswa sastra Jepang semester 7. Pemaparan materi pertama adalah tentang pentingnya aisatsu di Jepang oleh Aam Hamidah, M.pd. Aisatsu adalah salam sapaan saat bertemu atau berpisah dengan orang Jepang. Orang Indonesia melakukan sapaan sambil bersalaman atau berjabat tangan. Sedangkan orang Jepang melakukan sapaan sambil ojigi. Ojigi adalah posisi membungkukkan badan saat menyapa.

 

Pemaparan mengenai aisatsu dan ojigi oleh Aam Hamidah, M.Pd

Pemaparan kedua mengenai letak geografi dan musim di Jepang oleh Mr. Shiro Masugata. Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di Asia Timur. Terdapat empat pulau besar yang memanjang dari utara ke Selatan, yaitu Hokkaidou, Honshu, Shikoku, dan Kyuushuu. Negara Jepang  terletak di antara 30° LU - 47° LU dan antara 124° BT - 146°BT. Negara Jepang berbatasan dengan negara Rusia, Korea, dan China. 

Jepang merupakan negara empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Wilayah Hokkaidou adalah wilayah subarktik, memiliki suhu dan kelembapan yang rendah serta banyak salju. Sedangkan Okinawa yang ada di Selatan Jepang termasuk wilayah subtropis yang memiliki suhu dan kelembapan tinggi dan tidak ada salju. Dengan demikian, tergantung wilayahnya, Jepang memiliki musim panas yang sangat terik dan musim dingin yang sangat dingin.

 

 

 

Pemaparan materi oleh Mr. Shiro Masugata diterjemahkan oleh Muhammad Ananda Rizky

Pada akhir pemaparannya, Mr. Shiro Masugata memberi game fukuwarai yaitu kegiatan menempelkan bagian muka yang telah dihilangkan dengan mata tertutup. Para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan PKM ini. Mereka bertanya-tanya tentang bagaimana hobi orang Jepang dan kondisi serta aturan sekolah yang berlaku di Jepang. Menurut Mr. Shiro Masugata, hobi orang Jepang bervariasi tergantung orangnya. Sedangkan untuk sekolah di Jepang dimulai pada bulan April dan berakhir bulan Maret. Jam masuk sekolah di Jepang adalah jam 9-15.

 

Bermain game fukuwarai

Selanjutnya kegiatan PKM ini ditutup dengan sesi poto bersama dan penyerahan cenderamata dari pihak STBA JIA yang diwakili Mr. Shiro Masugata kepada SMK Budi Perkasa yang diwakili bapak kepala sekolah, Drs Muhammad.

 

Foto bersama Pemateri, panitia dan siswa peserta PKM di SMAN 9 Kota Bekasi