Sehubungan dengan pelaksanaan IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) 2024 yang merupakan salah satu program unggulan Kampus Merdeka, KUI (Kantor Urusan Internasional) STBA JIA telah mengadakan rangkaian kegiatan untuk memfasilitasi mahasiswa yang berpartisipasi pada program ini. IISMA adalah program beasiswa yang memberikan mahasiswa Indonesia kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester atau 4-6 bulan. Sebagai awalan, KUI mengadakan rapat internal dengan pejabat struktural STBA JIA seperti Pak Ali Khamainy, S.T., M.M. (Ketua STBA JIA), Pak Dr. Rainhard Oliver, S.S., M.Pd. (Waket 1 Bidang Kurikulum), dan Pak Onin Najmudin, M.Hum. (Waket 3 Bidang Kemahasiswaan) untuk membahas timeline persiapan IISMA 2024 dan konversi kurikulum.

Sosialisasi IISMA 2024

Kegiatan pertama KUI pada program ini adalah perkenalan IISMA kepada mahasiswa, untuk itu KUI mengadakan Sosialisasi IISMA 2024 pada tanggal 2 Februari 2024 dengan pembicara Pak Wawan Setiawan, S.Pd., M.A. (Ketua KUI STBA JIA) dan Bu Winda Lutfiyanti, M.Pd. (Sekretaris KUI STBA JIA). Sosialisasi ini diikuti 70 peserta dari Program Studi Inggris dan Jepang. Selain memperkenalkan IISMA, pada sosialisasi ini KUI membagikan formulir pendaftaran IISMA 2024 kepada peserta dan tercatat ada 13 pendaftar. Setelah melakukan seleksi internal, terpilih 9 peserta yang akan mewakili STBA JIA pada IISMA 2024.

Salah satu persyaratan IISMA adalah memiliki sertifikat profisiensi Bahasa Inggris TOEFL/IELTS/Duolingo dengan syarat minimal yang sudah ditetapkan, untuk itu KUI mengadakan pembekalan Bahasa Inggris untuk persiapan Duolingo English Test sebagai kegiatan kedua.

Pembekalan Bahasa Inggris Persiapan Duolingo English Test

Dari 9 pendaftar yang sudah terpilih secara internal pada IISMA 2024, 5 diantaranya terpaksa harus mundur karena alasan kesehatan, izin orang tua, dan kemampuan Bahasa Inggris. Maka, terdapat 4 orang yang akan mewakili STBA JIA pada IISMA 2024 dan mereka sudah mengambil Duolingo English Test dengan skor melebihi batas minimum yang disyaratkan IISMA. Selanjutnya, untuk memantapkan pilihan Perguruan Tinggi Luar Negeri dan Mata Kuliah, KUI juga mengadakan konsultasi serta pengecekan draft aplikasi pendaftaran seperti essai dan Surat Rekomendasi.  Dan setelah semua dokumen persyaratan lengkap, mahasiswa bisa mengirimkan aplikasi pendaftaran di website IISMA. Empat orang yang mewakili STBA JIA pada IISMA 2024 adalah Daud Fawwaz Djaky (Semester 6), Hilwa Azzahra (Semester 4), Moch. Rafie Dhia Setyawan (Semester 4), dan Wilda Febrianti Putri (Semester 4).

Pendaftar IISMA 2024 dari STBA JIA